Backpacker Lampung – Tips Menuju Pulau Pisang Lampung Barat

  • 7

Backpacker Lampung – Tips Menuju Pulau Pisang Lampung Barat

BackpackerLampung.com | Kali ini saya mau berbagi tips yang mau meng-explore lampung tepatnya di daerah lampung barat. Kalian pernah dengar pulau pisang ? atau keindahan pulau pisang dilampung ? Yups Pulau pisang adalah pulau kecil yang indah yang terletak di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Pulau ini sangat menarik untuk kalian kunjungi. Kenapa ??? karena pulau ini banyak potensi menarik dari pesona alamnya, pernak pernik kebudayaan nya dan keunikan-keunikan lain nya. So buat kalian para backpacker yang ingin berkunjung ke pulau pisang ada beberapa tips menuju pulau pisang.

Tips Menuju Pulau Pisang Lampung Barat

pulau-pisang-lampung.jpg-1

Bagi kalian yang mau kepulau pisang dari Bandar Lampung, kalian bisa naik bis krui putra / travel dari Terminal Rajabasa (tarif kurang lebih 100.000 – 200.000. ). Perjalanan dari Bandar Lampung ke Pulau pisang ini menempuh jarak 250 KM atau kurang lebih sekitar 5-6 jam perjalanan, dan akan melewati jalur lintas sumatera dan beberapa kota seperti Kemiling, Gedung Tataan, Gadingrejo, Pringsewu, Talang Padang, Gisting, Kota Agung , Hutan taman nasional Bukit barisan selatan, Bengkunat, Krui dan Dermaga tembakak.

rajabasa

Setelah kurang lebih 6 jam perjalanan kalian akan sampai didermaga tembakak, untuk menyeberang ke Pulau Pisang memang sebaiknya melalui Dermaga Tembakak ini, karena lebih dekat dengan  pulau pisang kurang lebih sekitar 15 sampai 20 menit saja. Oh iya untuk Jadwal penyeberangan dari dermaga Tembakak ke Pulau Pisang ada 2 kali yaitu jam 7 sampai jam 9 pagi dan jam 2 sampai jam 3 sore. Selebihnya kalian  harus sewa kapal sendiri.

tembkk1

Tarif naik kapal sesuai jadwal kapal sama dengan tarif penumpang pada umumnya, yaitu sekitar RP. 15.000 per orang dan kalau yang ingin sewa kapal biasanya sekitar RP. 500.000 (Pulang-Pergi).

Setelah sampai dipulau pisang kalian jangan khawatir karena ada banyak penginapan di Pulau Pisang, mulai dari rumah wisma dengan harga RP.350.000 per malam include sarapan pagi, yang berisi ruang tamu, 2 kamar tidur tanpa kamar mandi dalam, dapur, 1 kamar mandi dan sebuah sumur dan halaman belakang.  Atau Home stay rumah warga dengan harga mulai 100.000/malam.

penginapan-pulau-pisang

Dipulau pisang ini ada banyak menu makanan yang lezat yang harus kalian coba, seperti Gulai Taboh Ikan, Sayur Bening Daun Kelor dan Serabi Khas Pulau Pisang.

gulaitaboh

Kawasan pulau pisang ini tidak terlalu luas kalian bisa mengelilingi pulau pisang seharian dengan menyewa motor , bersepeda atau dengan berjalan kaki. Untuk sewa motor biasanya sekitar RP.50.000, dan kalian juga bisa mengunjungi banyak peninggalan sejarah dan bangunan-bangunan dengan tipikal tempo dulu yang unik. Masyarakat dipulau pisang ini umumnya adalah suku lampung pesisir dan mereka sehari-hari berbicara menggunakan bahasa lampung ( daerah ) namun mereka juga paham dan bisa berbicara menggunakan bahasa indonesia. Oh iya dipulau pisang ini signal cukup sulit jadi untuk kalian yang hobi upload poto di sosmed mungkin kalian harus berlibur dulu, gak ada salahnya kan menikmati liburan kalian selama dipulau pisang.  Dan pastikan juga anda mempunyai power bank karena aliran listrik di Pulau Pisang hanya ada aliran genset. Listrik hanya ada dari jam 6 sore hingga 12 malam.

Sekian tips dari saya. semoga liburan anda menyenangkan , salam backpacker lampung 🙂

IMG_2799

NOTE :” Jika kalian bawa kendaraan sendiri pastikan dalam kondisi baik. Cek kondisi kendaraan di bengkel sebelum berangkat karena kendaraan yang di pakai akan menempuh perjalanan jauh kurang lebih 6 jam dengan rute jalan yang terjal. ( Jangan lupa untuk mengisi penuh bahan bakar anda karena  daerah yang akan anda lintasi melewati areal hutan bukit barisan selatan )”.
 

7 Comments

irwan

January 5, 2017 at 3:47 am

Maaf gan, tanya dong. Kalo ke pulau pisang. Motor/mobil bisa nyebrang ke pulaunya gak ya?

 

Qq taksi online lampung

February 24, 2017 at 2:15 am

Berguna sekali informasinya , terimakasih backpacker lampung.

 

rendy

May 10, 2017 at 6:16 am

Gan, jalur traknya kalau dari kota agung menuju krui/dermaga tembakak kira2 mobil pendek kaya mobilio atau sedan bisa ngelewatin gak ya ? jalannya katanya terjal.

 

lani

July 4, 2017 at 2:47 am

Min minta cp buat kapal+homestay di pulau pisang dong,terima kasih 🙂

 

tika

December 11, 2017 at 4:03 am

bang, bagi contact person salah satu homestay yang ada di pulau pisang dong..
thanks 🙂

 

Leave a Reply